Selasa, 29 November 2011

PELATIHAN RUTINITAS WUSHU


Pasti anda ada keinginan dalam belajar wushu seperti ini:
 
"Saya ingin bisa melakukan ini"
"Saya ingin belajar yang rutin"
"Bagaimana saya melakukan itu semua yg hal baru dilakukan".

Dan sebagai seorang pelatih wushu (Sifu atau Chaolien) jika ada beberapa rentetan pertanyaan yang diminta oleh siswa. jawaban simple akan diberikan olehnya. Seperti ini:


"Anda perlu untuk meregangkan lebih"
"Anda perlu meningkatkan lompatan Anda"
"Anda perlu latihan dasar sebelum mencoba untuk belajar Pedang"
"Anda perlu praktek yang tendangan di tanah lebih sebelum mengambil ke udara dengan itu"

Dalam rangka untuk mendapatkan hal baik di wushu, Anda akan memerlukan pelatihan yang tepat. Apakah Anda memilih pemula atau Advavance, tergantung pada kebugaran Anda dan tujuan Anda. Banyak praktisi wushu menengah membuat kesalahan untuk memilih rutinitas latihan, yang dapat mengakibatkan kesehatan menurun. hati-hati dalam memilih latihan yang anda inginkan, karena ada tahapnya masing-masing.

Latihan Cerdas Dan Jujur Sebagai siswa/siswi, saya ingin berkembang cepat dan saya ingin bisa memegang tongkat seperti senior saya dengan whoosing suaranya dan ingin seperti ini,ini,dan yang lain..
Lalu, Bagaimana saya bisa maju?
Yah lagi yang bisa bertemu dengan jawaban yang sederhana. Latihan,latihan, dan latihan lagi.
“Yeah, tapi aku harus belajar dan saya tidak punya waktu.”

“Kadang saya terlalu malas untuk melakukan hal yang membuat saya capai(capek).”
Jawabannya terletak pada latihan cerdas, kita tidak punya waktu seperti pro untuk belajar technnique sepanjang hari. jadi harus benar-benar jujur dengan diri anda.
Jadi dalam hal ini untuk latihan. Anda akan perlu bekerja dalam teori dan praktek Anda.

* Pertama-tama, harus menetapkan tujuan Anda. Apakah Anda ingin bersaing di wushu? Apakah Anda ingin melakukan wushu karena alasan kesehatan? Apakah Anda sudah melakukan olahraga yang lain (senam, breakdance, capoeira dll) dan hanya ingin belajar bergerak beberapa wushu? Tetap realistis. tentukan tujuan anda.

* Kemudian menentukan kelemahan Anda. Kelemahan bisa teknik, kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, lompatan tertentu, dll. Pada awalnya daya tahan adalah kelemahan yang paling umum. Jika Anda seorang pemula, Anda benar-benar harus bekerja pada teknik Anda. Tetapi jika Anda tidak memiliki daya tahan, Anda tidak bisa melakukan Latihan Fisik pula. mintalah pelatih atau teman untuk membantu Anda menunjukkan kelemahan tersebut.

* Kemudian tekan sedikit masalah ini dengan Latihan yang tepat. Daya tahan, fleksibilitas dan kekuatan sangat penting dalam wushu. seorang yang mempelajari wushu harus mampu melakukan split. Dan tidak ada pelatihan wushu tanpa berlari. Anda harus pergi untuk jangka pendek 15 menit setiap hari dan menjalankan 5 hingga 10 km setidaknya sekali sebulan.

* The Workout Rata-rata Wushu
o Pemanasan 5 sampai 10 menit 
o Stretch 5 sampai 10 menit
o Dasar tendangan (10 menit)
o Menyapu (sweep belakang dan depan menyapu
)
o Melompat (terbang frontkick, tendangan angin puyuh, menendang teratai, menendang kupu-kupu, b-twist, cartwheel tanpa tangan, cartwheel tanpa tangan - twist)
o Belajar tekhnik wushu Anda.
o Belajar tekhnik wushu senjata anda
o Latihan Fisik Bila diperlukan
o Pendinginan dengan melakukan pemanasan kembali
Rutinitas Latihan
* Pemulaini baik untuk semua orang yang baru belajar wushu atau setelah beristirahat sementara karena cedera atau penyakit. Juga karena Anda sedang berlibur dan / atau tidak punya banyak waktu.
Pelatihan volume: 3 sampai 5 jam per minggu. (3 hari seminggu)
Wushu : Konsentrasikan pada teknik Anda. Ketahanan dan Teknik yang selalu penting, tidak peduli apakah Anda seorang pemula atau atlet. Pemanasan beberapa menit, peregangan, dan kemudian dasar
tendangan. Latihan lompatan Anda setidaknya dua kali beberapa minggu dan menghabiskan 20 menit per latihan.
o Senam : Itu bukan hal yang utama pada wushu tradisional, tapi saya sarankan Anda mempelajari beberapa keterampilan dasar senam, terutama gerakan yang ada dalam wushu. Bekerja pada jungkir Anda, dll gulungan Berikan senam Anda 30 sampai 60 menit per minggu.
o Stretching sebelum setiap latihan. Apakah peregangan statis dan dinamis, tetapi hindari membentang PNF di awal.
o jalan: Jalan 5 menit sebelum setiap latihan dan pergi untuk jangka panjang sebulan sekali.
o Latihan beban: Jika Anda sudah ke latihan beban, Anda dapat menambahkan satu latihan per minggu. Tapi jika kau tidak boleh sakit selama sisa minggu. Latihan beban tidak benar-benar penting di awal. Saya sarankan Anda hanya melakukan beberapa pliometrik, meregangkan dan latihan pada teknik Anda.

* Intermediate Wushu Rutin
Ini adalah hal rutin untuk Anda jika Anda ingin serius di wushu. Anda tidak lagi pemula dan ingin mendapatkan semua melompat turun dan mungkin bersaing di masa depan.
Volume Latihan 5 sampai 15 jam per minggu. (4 sampai 5 hari seminggu)
Wushu : Pada titik ini Anda akan mulai Latihan dua kali sehari. Lakukan latihan singkat di pagi hari. Jalankan beberapa Km, lakukan peregangan statis dan Lakukan beberapa gerakan / sekuens. latihan sebenarnya Anda harus di sore hari. Pemanasan, peregangan, lakukan dasar menendang dan kemudian melompat. Juga latihan teknik jurus tangan kosong dan senjata di sore hari. Pada akhir latihan, Anda harus Pendinginan (hanya beberapa menit).
o Senam : Sekali lagi, ini tidak benar-benar suatu hal penting dalam wushu tradisional, tapi saya benar-benar berpikir setiap praktisi wushu harus belajar sedikit senam. Pada titik ini Anda sudah harus tahu bagaimana melakukan jungkir dan mungkin mulai belajar putaran-off dan jengkelitan kembali.
o Peregangan: Tambahkan latihan peregangan intensif. Sesi peregangan harus berlangsung sekitar 45 menit dan termasuk isometrik dan/atau membentang PNF. Sebenarnya, Anda dapat melakukan latihan peregangan ini setiap minggu ke 2.
o Jalan: Jogging sebelum setiap latihan selama satu jam, jogging setiap minggu kedua. Satu minggu Anda melakukan latihan peregangan, minggu depan Anda pergi untuk berlari.
o Latihan beban: Squat barbell, bench press dan berat bebas latihannya seminggu sekali. Tujuan Anda adalah TIDAK untuk serius, tapi hanya memperkuat otot-otot Anda. Banyak atlet wushu berpikir bahwa beban akan membuat mereka lambat. Itu tidak benar! Latihan beban dapat benar-benar membuat Anda lebih cepat. Namun alasan mengapa saya sarankan latihan beban adalah bahwa saya telah melihat atlet wushu terlalu banyak yang hanya melakukan pliometrik dan memiliki masalah lutut serius sebelum mereka mencapai usia 20-an.

* Advanced Wushu Rutin
Ini latihan untuk semua orang yang ingin menjadi yang terbaik:). Jangan langsung lakukan ini rutin jika Anda seorang pemula, karena Anda lebih cepat sakit karena kelelahan dan melukai diri. Walaupun ini merupakan rutinitas maju, Anda tidak harus latihan setiap hari. Semakin banyak Anda latihan, akan semakin lebih baik. Pada titik ini Anda mencapai batas Anda untuk bisa melampaui batas anda. Namun, jangan terlalu di tekan, karena dapat membuat anda kelelahan dan jatuh sakit.
Pelatihan volume: 15 sampai 25 jam per minggu. (5 sampai 6 hari)
Anda masih latihan di pagi hari, seperti jika Anda mengikuti latihan seperti biasa pada latihan intermedieate. Tapi sekarang Anda menambahkan latihan ketiga 2 atau 3 kali per minggu. Jika Anda seorang siswa, anda bisa latihan 2 selama kelas atau pada akhir pekan. 10 latihan akan terdiri dari peregangan, dasar menendang dan bentuk jurus. Di sore hari Anda akan peregangan, lakukan hanya beberapa dasar tendangan, kemudian bekerja pada melompat Anda dan kemudian senjata Anda.
o Senam : Terus pelatihan senam dasar dari rutinitas menengah. Pada titik ini Anda harus mulai latihan pada flip
o Peregangan: Latihan memegang kaki Anda keatas (seperti split berdiri) dua kali.
o Jalan: Sama seperti dalam rutinitas wushu menengah.
o Berat pelatihan: Sama seperti dalam rutinitas wushu menengah.

* Pre-Kompetisi Wushu Rutin
Ini untuk 4 minggu terakhir sebelum kompetisi wushu Anda.
Wushu : Anda dasarnya mulai dengan rutinitas maju dan fokus pada gerakan yang Anda miliki di Latihan Anda. 2 minggu pertama Anda berlatih . Dalam minggu 3 Anda melakukan 2 bagian sekaligus, dan minggu terakhir yang Anda selalu lakukan seluruh bentuk latihan jika Anda benar-benar bersaing dalam kompetisi.
Senam : Anda akan melakukan gerakan senam, terus melakukan senam seminggu sekali. Jika Anda tampil di suatu acara Lomba atau Show, lakukan 2 latihan senam per minggu.
o Peregangan: Jangan menerapkan membentang isometrik atau dinamis sehari sebelum                  Lomba atau Show Anda.
o jalan: Jangan pergi untuk jangka panjang 3 hari sebelum kompetisi.
o Latihan beban: Jangan melakukan beban, 3 sampai 5 hari sebelum kompetisi
 Anda.
o Hari terakhir: Apa pun yang Anda lakukan pada hari terakhir Anda, jangan angkat beban lebih dari 150bps, tidak menerapkan membentang balistik, jangan menerapkan membentang isometrik. Hanya bersantai saja, jangan latihan yang berat.

* Mirroring
saya telah menggunakan teknik yang saya sebut mirroring.
Pada dasarnya saya melibatkan siapa yang terbaik dalam melakukan suatu teknik tertentu dalam kelas.
Sebagai contoh jika saya melihat bahwa Si A memiliki Jurus benar-benar baik, maka saya akan mencoba untuk membuat diri saya lebih cepat, lebih tinggi dan lebih baik dari dia.
Dalam lingkungan latihan hal ini benar-benar bekerja pada saya dan teman-teman saya 100%.
Tentu saja untuk melakukan hal ini Anda harus memiliki beberapa kemampuan, minat, dan tekad untuk bisa melebihi orang yang anda targetkan. 
Jika Anda seorang pemula Anda bisa memilih seseorang yang sedikit lebih baik daripada anda, kemudian anda coba untuk mengungguli mereka dalam teknik tersebut.
Bila Anda telah membaik dan lebih baik dari orang yang dipilih, pilih orang lain yang lebih baik dari anda dan ulangi proses ini sampai Anda sampai ke puncak keinginan anda.

Itu semuanya untuk sekarang, ingat..!
Keep it Real, Keep it Wushu..!

By:
Vincent Hopkins
Yi Dao
Didit Radinal (Translater)
*Dengan ralat sedikit

FROM WEB:

*NB: Maafkan jika ada kata-kata yang salah dan menyinggung Shifu, Chaolien, dan Senior-Junior. artikel ini hanyalah sebagai arti dalam bahasa indonesia dari website diatas.

5 komentar:

Fatah Sang Penyair Puisi mengatakan...

Ada enggak latihan wushu yang mudah dan dapat dilakukan dirumah bagi pemula.??

Didit Radinal mengatakan...

ada, cuma gag sempurna atau matang bagi latihan di rumah secara otodidak...
mungkin lebih baik jika menyewa guru privat yang bisa melatih di rumah..

Anonim mengatakan...

saya ingin blajar wushu tp di mna ya ada perguruan wushu,........

Anonim mengatakan...

ribet ga sih baru mulai belajar wushu di umur 30?
Thx infonya ya! :-)

Didit Radinal mengatakan...

untuk perguruan wushu sendiri ya banyak sekali terutama Di Jabodetabek ini. mungkin bisa salah satunya adalah perguruan Salsabila. ini linknya
http://salsabilawushuindonesia.com/

ya sebanrnya ga masalah untuk belajar diatas 30 tahun selama ada niat dan sungguh-sungguh di tempat saya juga ada yang umurnya segitu. tapi kemungkinan ikut yang di bagian taichi atau sansau (boxing)