Mobil bikinan anak-anak SMKN Krucuk, tapi secara total peran SMK-SMK lain sangat berarti seperti jeroannnya yang dikabarkan dari SMK Magelang dan Jakarta. dananya dari KEMENDIKBUD. dan juga atas kerjasama bareng dengan industri karoseri "Kiat Motor" di Klaten, Jawa Tengah yang kebetulan pemiliknya adalah pak Haji Sukiyat.
Haji Sukiyat, pria kelahiran 22 April 1957 itu
menggagas kerja sama dengan SMK sejak 2009. Sebagai Wakil Ketua Komite Sekolah,
waktu itu Sukiyat diminta memikirkan kelanjutan SMK Negeri Trucuk yang nyaris
mati. Sesuai keahliannya di bidang otomotif Sukiyat mengajak beberapa
perwakilan siswa untuk magang dan belajar di industri karoseri miliknya.
Gayung bersambut, ide awal kolaborasi dengan siswa SMKN Trucuk ternyata sukses dan banyak diminati sekolah-sekolah lain. Direktorat Pendidikan Sekolah Kejuruan pun menyambut baik ide Sukiyat. Alhasil, kini sejumlah siswa dari 13 SMK di Jawa Tengah dan Jawa Timur bergelut di ‘Kiat Motor’ untuk belajar membuat mobil.
Ditemui di bengkel karoserinya, Sukiyat, warga Desa Kradenan, Trucuk, Klaten, itu menjelaskan setiap siswa yang belajar di ‘Kiat Motor’ diberi keleluasaan mempraktikan detil demi detil proses pembuatan mobil. Tentu kerja para siswa didampingi dan berbaur aktif dengan para karyawan ‘Kiat Motor’.
Di tempat ini hampir sembilan puluh persen (90%) komponen mobil dibuat dan kemudian dirakit menjadi satu unit mobil jadi. Sisanya, masih mengandalkan kerja sama dengan industri lain, seperti blok mesin dan komponen kelistrikan mobil
Gayung bersambut, ide awal kolaborasi dengan siswa SMKN Trucuk ternyata sukses dan banyak diminati sekolah-sekolah lain. Direktorat Pendidikan Sekolah Kejuruan pun menyambut baik ide Sukiyat. Alhasil, kini sejumlah siswa dari 13 SMK di Jawa Tengah dan Jawa Timur bergelut di ‘Kiat Motor’ untuk belajar membuat mobil.
Ditemui di bengkel karoserinya, Sukiyat, warga Desa Kradenan, Trucuk, Klaten, itu menjelaskan setiap siswa yang belajar di ‘Kiat Motor’ diberi keleluasaan mempraktikan detil demi detil proses pembuatan mobil. Tentu kerja para siswa didampingi dan berbaur aktif dengan para karyawan ‘Kiat Motor’.
Di tempat ini hampir sembilan puluh persen (90%) komponen mobil dibuat dan kemudian dirakit menjadi satu unit mobil jadi. Sisanya, masih mengandalkan kerja sama dengan industri lain, seperti blok mesin dan komponen kelistrikan mobil
Disainnya Sedikit mengacu pada CR-V pada front grill dengan headlampnya CR-V klop. dan rearlampnya Panther. interiornya lumayan bagus Dengan ICE (In Car Entertaimentnya). lumayan 2DIN audio.Dimensi Mobil model Esemka ini memiliki panjang panjang 4,8 meter, lebar 1,74 meter, dan tinggi 1,84 meter serta mampu mengangkut 7 penumpang. Bahan bakarnya bensin premium dengan kapasitas tangki 75 liter. Mesin 1500 cc adopsi dari Timor yang dapat menyemburkan power maksimum 105 tenaga kuda pada putaran mesin 5.500 rpm. kalau kisaran harga IDR.90 Jutaan.
sekarang indonesia punya mobil bagus. tinggal pemerintah mau membantu me"massal"kan mobil ini. atau hanya melihat walikota Solo naik mobil ini ke Jakarta. tapi intinya saya bangga dengan mobil ini, yang terutama meninggal kan image dari mobnas seperti Tawon Dan GEA yang imut dan cupu..
whehehheheheh...
dan saya harap kita semua membuka mata dengan karyta anak bangsa. jangan selalu brand image yang di dahulukan karena dengan mencintai produk negeri sendiri kita akan meningkatkan ekonomi negeri ini.
Jika Specs mesinnnya sama dengan timor..
maka seperti ini specsnya:
Disposition of cylinders : R4
Disposition of engine : Pq
Volume : 1498
Diameter of cylinder : 78,0 x 78,4
Degree of compression : 9,3
Valves : 4
Disposition of shaft : dohc
Power supply system : EM
Pressurization : -
Power PS (kW) : 105(77)/5500
Torque : 147/4000
Type of drive : F
Transmission manual : 5
Transmission automatic : 4
Front suspension : QL,DB
Rear suspension : ML.SF
Hydro : +
Break : Si/T
ABS : 0
Tyre pressures : 185/60 R 14 S
Wheelbase, mm : 2500
Track : 1440/1435
Size Length x Width x Height: 4360 x 1695 x 1390
Mass equipped : 1055
Mass full : n.a.
Volume of trunk : n.a.
Mass of trailer : -
Volume of tank : 50
Dispersial 0-100 km/h : n.a.
Max speed : 180
Disposition of engine : Pq
Volume : 1498
Diameter of cylinder : 78,0 x 78,4
Degree of compression : 9,3
Valves : 4
Disposition of shaft : dohc
Power supply system : EM
Pressurization : -
Power PS (kW) : 105(77)/5500
Torque : 147/4000
Type of drive : F
Transmission manual : 5
Transmission automatic : 4
Front suspension : QL,DB
Rear suspension : ML.SF
Hydro : +
Break : Si/T
ABS : 0
Tyre pressures : 185/60 R 14 S
Wheelbase, mm : 2500
Track : 1440/1435
Size Length x Width x Height: 4360 x 1695 x 1390
Mass equipped : 1055
Mass full : n.a.
Volume of trunk : n.a.
Mass of trailer : -
Volume of tank : 50
Dispersial 0-100 km/h : n.a.
Max speed : 180
SUMBER: KOMPAS.com,TMCblogs, dan lainnya..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar