Senin, 11 Juni 2012

Suzuki NEX Super FI, Mesin Baru Dibalik Jubah Lama



Assalamualikum para pengunjung, maaf ne dah jarang posting. padahal jujur dah ane kangen mosting neh. tapi tau dari kmaren males mosting ajah, kenapa ya saya.... udah lah, sya baru bener-bener ol jadi gag tahu perkembangan Dunia otomotif lagi. eh ternyata suzuki nex Fi dah keluar. kaget juga sie ngeliatnya, soalnya baru 2 bulan kemaren denger selentingan tentang si nex ntu. tapi lumayan enak lah buat dibahas sama dikunyah klo bisa... whehehehheheheh.

                           


jujur neh ya, saya gag melihat perubahan yang bener-bener signifikan atau malah gag ada perubahan sama sekali sekali di daerah bodi. temen saya punya NEX tipe karbu warna putih, dari bentuk, stiker, sampe paduan warna gag ada yang berbeda sama yang lama. paling cuma warna velg yang silver, terus mika lampu sen yang agak kebiruan, ama stiker FI dibatok sebelah kiri. dia masih ngandelin bodi lama yang tetep ramping n masih keliatan cungkring kaya dlu. tapi gag jelek kok...


                              


                                 


tapi jangan sangka, mesinnya tekhnologinya tinggi. mungkin terhitung canggih juga dengan harga Rp.12,65 juta. kaya yang dikutip TMCblog dari Dapurpacu.com "Suzuki Nex Super FI ini pada sistem injeksinya terdapat banyak sensor, antara lain Tip-Over Sensor (TOS), Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor (CKPS), Engine Temperature Sensor (ETS) dan Oxygen Sensor (O2S) . . . kalo di cek yang terakhir ada Oksigen sensor . . . disinyalir kuat sistem Injeksinya sudah merupakan tipe yang cukup baik dengan sistem Close loop dimana sistem Injeksi akan terus mengevaluasi kerja pembakaran (ada feedback) dengan modal kadar gas buang yang dideteksi oleh Oksigen sensor". dari sepengetahuan saya yang baru tahu juga Dari TMCblog, wheheheh.. teknologi TOS ntu biasanya hanya di temui pada motor besar sebagai fitur keselamatan. (wuih keren gan...) tapi dengan tekhnologi kaya gitu suzuki bilang tidak ada perbedaan tenaga dan torsi antara NEX FI dan NEX karbu. menggunakan mesin SOHC  331cc 113cc 1 silinder pendingin udara 4 langkah, tenaga 9,4 Hp pada 8800 Rpm dan torsi 8,7 Nm pada 6500 Rpm. untuk klaim bensin pihak Suzuki juga belom bisa jelasin, katanya suruh tunggu hasil test ride dari bandung sampe bekasi. pihak suzuki cuma bisa kasih duit ceban Rp.10.000 buat ngisi bensin. wah kayanya irit. tapi terkahir adri TMCblog Suzuki NEX FI seliter dapet 82,67 Km/Liter...                             

                              
cuma dlu yang saya ngarep dari suzuki NEX adalah kunci magnet di"ada"in, gag tahu saya apa udah ada kunci magnetnya. tapi melihat teknologi boleh di adu ama kompetitor, bahkan sama kembarannya yang cuma 250 rebu. lumayan buat orang komuter mah....

Note: thanks buat TMCblog dan Bonsai bikers atas refensi artikel dan Photo. dan silahkan di komentari kalau ada yang kurang, kan saya bukan blogger yang sempurnaaa aseeeekkkk. woke....

2 komentar:

Anonim mengatakan...

setuju masbro, harusnya udah pake fitur SKS yaa..
berasa kurang aman (walopun ttp maling pada maksa) dan ketinggalan sama kompetitor..

Didit Radinal mengatakan...

memang fitur keamanan yang satu ntu..
minimal bisa memperlambat maling ngambil montor,,,

jujr dah, sya yang make jupi MX lama kadang2 ngeri..
kan lom ada key shutternya...
jadi dah jadi fitur standart pada motor...

jadi memang ane juga dah sependapat sma agan...
wheheheheheheh..