Kamis, 26 Juli 2012

Pengertian Dari Jurnalisitik Dan BroadCasting


Assalamualaikum, wah dah lama ya gag blogging jadi bingung mau ngomong apa juga nie. tapi mungkin yang pertama saya mau minta maaf dah gag posting-posting lagi, artikelnya jadi basi dah kaya kue apem. wheheh..
dan juga saya ingin mengucapkan selamat beribadah puasa bagi yang menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan yang penuh berkah ini semoga kita mendapat berkah yang baik bagi kita semua, amin...

sekarang saya sudah kelas 3 SMAN. 4 hari setelah masuk yaitu hari kamis ada pelajaran baru yaitu Jurnalistik. karena belom ada Buku Paket dan LKS juga gag tersedia. yaudah cari-cari diinternet pengertian dari Jurnalistik dan Broadcasting. karena jurnalistik dan broadcasting ngga jauh berbeda dan masih satu cakupan. wokeh kita bahas ajah dah..


untuk yang pertama di bahas adalah Jurnalistik. pengertian jurnalistik mempunyai 3 cakupan sudut pandang. yaitu Harfiah, Konseptual, dan Praktis.



-Secara Harfiah jurnalistik artinya kewartawanan atau penulisan. dengan  Kata dasarnya “jurnal” (journal), artinya laporan atau catatan, atau “jour” dalam bahasa Prancis yang berarti “hari” (day). Berasal dari bahasa Yunani kuno, “du jour” yang berarti hari, yakni kejadian hari ini yang diberitakan dalam lembaran tercetak.

-Secara Konseptual jurnalistik sendiri punya 3 pemahaman sudut pandang:
A.Sebagai
 Proses, jurnalistik adalah “aktivitas” mencari, mengolah, menulis, dan menyebarluaskan informasi kepada publik melalui media massa. Aktivitas ini dilakukan oleh wartawan (jurnalis).



B.Sebagai Teknik, jurnalistik adalah “keahlian” (expertise) atau “keterampilan” (skill ) menulis karya jurnalistik (berita, artikel, feature) termasuk keahlian dalam pengumpulan bahan penulisan seperti peliputan peristiwa (reportase) dan wawancara.

C.
 Sebagai Ilmu, jurnalistik adalah “bidang kajian” mengenai pembuatan dan penyebarluasan informasi (peristiwa, opini, pemikiran, ide) melalui media massa.

-Secara Praktis 
jurnalistik adalah proses pembuatan  informasi atau berita (news processing) dan penyebarluasannya melalui media massa. Dari pengertian kedua ini, kita dapat melihat adanya empat komponen dalam dunia jurnalistik: informasi, penyusunan informasi, penyebarluasan informasi, dan media massa.



Jurnalistik juga termasuk ilmu terapan (applied science) yang dinamis dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan dinamika masyarakat itu sendiri. Sebaga ilmu, jurnalistik termasuk dalam bidang kajian ilmu komunikasi, yakni ilmu yang mengkaji proses penyampaian pesan, gagasan, pemikiran, atau informasi kepada orang lain dengan maksud memberitahu, mempengaruhi, atau memberikan kejelasan



Nah sekarang Broadcasting sendiri 
adalah distribusi audio atau video yang mengirimkan sinyal program untuk penonton. Para penonton mungkin masyarakat umum atau sub-relatif besar penonton, seperti anak-anak atau orang dewasa muda.

Pengertian Broadcasting sendiri adalah Proses Pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara Bersamaan baik melalui satelit, Radio, Televisi, Komunikasi data pada Jaringan dan lain sebagainya. juga bisa diartikan sebagai layanan Server ke Client yang menyebarkan data Kepada Beberapa Client sekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumber Video atau Audio.

Nah mungkin itu cukup untuk sekarang, tapi saya menucapkan terimakasih kepada UnixLifesblog dan AliefNews sebagai sumber Artikel. dan jikalau ada yang mau di koreksi dan dikritik (asal membangun ye!) mohon di komentari. namanya juga MANUSIA tak luput dari namanya salah. whehhehehehe...
Wassalamualaikum WR.WB

Tidak ada komentar: