Sabtu, 29 September 2012

Cara Persiapan menghadapi Ujian UN


Assalamualaikum Wr.Wb. sebelumnya maaf nie ya sudah makin jarang nulis atikel. yang selain kurang ada waktu buat nulis, ya paling mendesak karena sudah kelas 3 SMAN ya sudah harus persiapan Menghadapi UN atau United Nation ekh Ujian Nasional Maksute…..

Ngomongin soal UN atau Ujian yang lain, saya punya sedikit tips buat kalian yang mau menghadapi Ujian semester atau UN. dari yang bener sampe yang ngga bener atau nyeleneh, wheheheh…. (KURANG disarankan diikutin yang ngga baiknya). tai yang paling penting cara memandang ujian itu seperti apa dan persiapan yang paling penting, yah minimal buat jaga-jaga…..

1.BELAJAR
Nenek-nenek juga tahu kalo mau pintar dan lulus ujian ya harus belajar. tapi bagaimana kita tahu belajar kita efektif. sebenarnya yang kita harus pahami adalah pelajaran itu bukan DIHAPAL, melainkan DIMENGERTI. pasti akan lebih mudah untuk mengingat apa yang sudah kita pahami daripada kita hapal. dan kita juga harus tahu gaya belajar kita seperti apa, entah VISUAL (melihat) atau dengan AUDITORIAL (mendengarkan) atau KINESTETIK (praktek). jam belajar juga harus diatur. kita belajar bisa minimal 30 menit dan maksimal 3 jam-an lah itu sudah cukup buat kita. dan (kalo bisa) jangan belajar di waktu malam, yah karena pasti ngantuk. wheheheheh..

2.FISIK YANG PRIMA
Jangan salah, fisik juga bisa mempengaruhi konsentrasi saat kita mengerjakan ujian. entah karena kita sakit atau ngantuk, yang pasti mempengaruhi pula akan hasil ujian. baiknya selalu jaga kondisi tubuh menjelang ujian, istirahat cukup, makan 4 sehat 5 sempurna, olahraga.. dan usahakan makan pagi sebelum menghadapi ujian, kan gak lucu lagi ulangan mikirin perut dan makanan…

3.PERSIAPAN MENTAL
Persiapan ini juga tak kalah penting baik jauh-jauh hari atau pas hari “H” nya. usahakan tenang, tidak terburu-buru dan cemas, atau juga khawatir yang berlebihan. dapat memberikan dampak negatif buat kalian..

4.PERALATAN UJIAN
NAH, Yang satu ini (usahakan) ada ya. penting loh….., umumnya ada Bulpen, Pensil 2B, Rautan, Penghapus, Penggaris, kalkulator (kalo diijinkan), Papan Jalan, dan lain sebagainya. memang gak lucu juga lagi ujian menjem ke teman, disangkanya NYONTEK lagi. whehehheeh…

5.BACA PERINTAH UJIAN
Membaca membantu kita saat mengerjakan ujian pula. usahakan SLOW atau tidak terlalu terburu-buru. tapi juga manfaatkan waktu dengan baik..
6.BACA DAN PERIKSA SOAL
PALING UTAMA adalah cek kondisi lembar soal dan lembar jawaban. entah bisa karena lembar jawaban rusak atau mungkin saja bisa salah kasih soal dari pihak gurunya (whehehehe, maaf bpk/Ibu guru..) tukar soal kalian kepada pengawas jika lembar soal/jawaban rusak, kotor, atau terlipat..

7.KERJAKAN SOAL DARI YANG TERMUDAH
Kerjakan soal yang gampang terlebih dahulu, karena akan lebih membantu dan akan lebih hemat waktu jika dibandingkan menghabiskan waktu memikirkan soal yang susah-susah, karena belom tentu ketemu tuh jawaban, wheheheheh…

8.SISIHKAN WAKTU UNTUK MENGECEK SOAL DAN JAWABAN
Kadang manusia tiada luput dari dosa, aseeeekkkkkkk… nah begitu juga saat mengerjakn soal ujian. coba cek lagi apakah jawabanmu ganda atau salah penempatan. itu bisa mempengaruhi nilai LOH…..

9.BERDOA
Ini Kunci Kesuksesan, sempatkan waktu beribadah dan Berdoa agar kalian Bisa lulus ujian atau UN (amiiiiiiiinnnnnn!!!!). dan jangan lupa di awal mulai ulangan dan di akhir ulangan berdoa agar diberi kemudahan dan mengucap terima kasih sudah dibantu dalam mengerjakan soal. dan perlu diingat, doa juga harus dibarengi dengan “USAHA” agar tambah afdol….

10.MENCONTEK
ARgh, hal sensitif yang saya bahas nie. tapi memang udah jadi rahasia umum. yang kagak belajar atau “MALES MIKIR” pasti ngarep contekan. mau gimana lagi, kalo asal-asalan yah ngeri nilai jelek. yah alternatif yang kurang baik. saya juga gag munafik amat lah. pernah juga sie, whehehehehhe…. tapi yang perlu kita tahu adalah belum tentu jawaban yang kita liat itu benar, berarti kita “UNTUNG-UNTUNGAN”. walaupun kita lihat di buku pun belum tentu jawabannya pendek, pegel dah. kalau ketahuan nyontek pas UN, warghhh panjang urusannya. dan mungkin hal lain yang lebih aneh lainnya. saya memang ngga menganjurkan. tapi, kalau mau nyontek dengan menggunakan prinsip diatas ini mungkin kalian bakal dapet contekan yang bagus dan bahkan gak perlu ntontek. maka jadilah Pencontek Yang “PROFESSIONAL”. wkwkwkwkwkwkwk…

itulah segelintir tips saya. jujur, beberapa tips ngambil dari buku kecil “TIPS SUKSES MENGHADAPI UJIAN” yang dapet dari kostak suatu produk pensil yang terkenal. yah tapi lumayan bagi-bagi ilmu, nambah pahala lagi. wheheheheheh… tapi yang utama selalu tampilkan yang terbaik setiap hari agar esok bisa lebih baik. dan saya doakan semua LULUS UJIAN atau UN tahun ini, AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNNN!… Wassalamualaikum WR.WB

Note:thanks yang sudah mau berkunjung ke blog saya dan seperti biasa, jangan bosen-bosen main ke blog saya. jika ada kesalahan atau tambahan (NGAREPP) ya mohon di kometari atau kritik…..

Tidak ada komentar: